Minggu, Maret 06, 2011

Tips Hemat Baterai Ponsel



Memiliki sebuah perangkat mobile seperti Handphone, tentulah sangat bergantung pada yang namanya baterai. baterai yang berfungsi sebagai penyuplai energi atau daya pada sebuah perangkat mobile sangatlah besar sekali peranannya. namun baterai juga merupakan barang yang bisa uzur atau semakin lama dipakai maka daya tahan baterai tersebut akan berkurang, untuk mengantisipasi masalah tersebut, ada beberapa tips yang mungkin sedikit bisa untuk menghemat baterai kita dan memperpanjang masa pakainya. yaitu :


Redupkan lampu layar
Ada baiknya redupkan lampu layar ponsel jika berada dalam ruangan yang gelap ataupun redup. Cara ini akan cukup membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang diserap oleh lampu tersebut. Lagipula, keberadaan lampu layar di ruangan minim cahaya tidak terlalu krusial. Pasalnya, lampu utama dalam ponsel cukup mampu mensupport cahaya yang dibutuhkan ponsel.

Atur Power Saver Timeout ke Nilai Minimal
Atur nilai power Saver Timeout ke nilai terendah untuk menghemat kekuatan baterai ponsel anda. Semakin rendah nilai power saver timeout, maka semakin cepat ponsel anda berpindah ke mode power saver ketika ponsel sedang tidak digunakan. Pada mode power saver, anda bisa mengetahui bahwa perangkat anda masih aktif melalui LED yang berkedip-kedip.


Atur Backlight Timeout ke Nilai Minimal
Jika anda mengatur light timeout ke nilai minimal, maka lampu latar ponsel anda akan dimatikan lebih cepat. Hal ini berarti power baterai yang dihabiskan bisa lebih dihemat.

Atur Profile ke mode Offline
Ketika roaming atau sinyal ponsel anda rendah, ponsel akan mencoba mengoptimalkan penerimaan sinyal. Hal ini juga memerlukan konsumsi baterai yang besar. Jika anda tidak berencana melakukan atau menerima panggilan, alihkan profile ko mode Offline. Pada mode ini anda masih bisa menggunakan semua fitur dasar ponsel anda kecuali panggilan dan fitur yang terkait dengan jaringan.
Jika anda benar-benar harus melakukan panggilan, alihkan profile ke mode silent dan non aktifkan mode getar. Dengan cara ini, ponsel tidak akan mengalokasikan kekuatan baterai untuk membunyikan ring tone dan mengaktifkan mode getar ketika terdapat panggilan.

Hindari Main Game, Memutar Musik dan Transfer Data
Bermain game akan membuat baterai ponsel mengalokasikan daya untuk menghidupkan backlight, suara dan tombol untuk kontrol game. Memutar musik juga akan menguras kekuatan baterai, walaupun daya yang dihabiskan tidak sebesar alokasi untuk bermain game. Hindari bermain game, memutar musik dan transfer data baik via bluetooth maupun WiFi jika anda ingin menghemat daya tahan baterai ponsel.

Matikan GPS
Ponsel terbaru saat ini menyertakan GPS. GPS berguna untuk keperluan navigasi dan seringkali digunakan untuk menandai photo. Fungsionalitas GPS memang sangat berguna, namun GPS juga menguras kekuatan baterai ketika diaktifkan. Ada baiknya mematikan GPS untuk menghemat kekuatan baterai ponsel dalam keadaan darurat.

P
rastikan Tidak Tedapat Aplikasi Yang Berjalan di Background
Aplikasi yang berjalan di background akan menguras kekuatan baterai. Tekan tombol menu selama beberapa detik untuk menampilkan task manager. Pastikan tidak terdapat aplikasi yang berjalan di background.

Aktifkan Keypad Lock
Menekan tombol ponsel secara tidak sengaja akan turut mengaktifkan lampu latar (backlight), atau mungkin tidak sengaja melakukan panggilan keluar serta membuka sebuah aplikasi. Aktifkan keypad lock untuk menghindari hal tersebut terjadi. Cara ini adalah cara yang simple dan efektif untuk menghindarkan aktifitas yang memerlukan konsumsi baterai.

Kurangi volume
Lagi tanggung mendengarkan musik dari radio, mp3 ataupun video, supaya tak boros baterai pelankan volumenya. Tentunya, baterai akan lebih hemat lagi jika multimedia tadi dimatikan.

Cek Email Manual
Di kebanyakan ponsel pintar user dimanjakan dengan layanan push email. Tapi tahukah Anda, jika layanan tersebut ternyata menyedot energi. Nah, pilih mana ponsel pintar Anda jadi ‘mayat’ lantaran habis baterai, atau ponsel Anda tetap prima, meskipun Anda harus cek email secara manual.

Jangan lupa matikan jaringan nirkabel

Cek ponsel Anda, apakah jaringan nirkabel aktif atau tidak. Jika memang aktif, segera matikan. Seringkali kita lupa menon-aktifkan Bluetooth ataupun Wi-Fi. Pengkatifan jaringan nirkabel akan menyedot energi baterai.

Cek Baterai

Bagi para pengguna ponsel pintar, cara ini bisa dilakukan dengan memasang aplikasi indikator energi baterai. Terdapat beberapa aplikasi yang menginformasikan kondisi daya baterai ponsel Anda.

Selamat mencoba, Semoga Sedikit tips ini dapat berguna dan bermanfaat ...
Just 4 Fun ...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Only for My Life Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template